MIN 5 BANDAR LAMPUNG

https://lampung.kemenag.go.id/news-522761-.html

Bandar Lampung, MIN 5 Bandar Lampung (Humas) – Penyerahan Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Raden Intan Lampung semester ganjil tahun ajaran 2021-2022 disambut baik kepada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Bandar Lampung, Senin (27/09/2021) lalu.

Berlangsung di ruang aula MIN 5 Bandar Lampung, mahasiswa PPL diserahkan oleh dosen pembimbing lapangan Drs H. Alinis Ilyas, M.Ag.,kepada Junaidy,S.Pd.,M.Kes, selaku kepala madrasah. Dalam sambutannya, Junaidy, S.Pd.,M.Kes., mengatakan dengan senang hati menerima mahasiswa PPL UIN Raden Intan Lampung (RIL) dan berharap mahasiswa PPL dapat pengalaman yang berkesan dan berharga dari MIN 5 Bandar Lampung.

Saya dengan ikhlas dan senang hati menerima mahasiswa praktik pengalaman lapangan dari Universitas Raden Intan di madrasah kami. Semoga para mahasiswa nantinya dapat banyak pengalaman yang berkesan dan berharga dari sini,” kata Junaidy.

Sementara itu Alinis Ilyaas, M.Ag., dosen pembimbing lapangan PPL UIN RIL menuturkan PPL di MIN 5 Bandar Lampung dilaksanakan oleh tiga puluh mahasiswa yang terdiri dari Pendidikan Biologi tiga orang, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah delapan belas orang, Pendidikan Bahasa Inggris tiga orang, Pendidikan Bahasa Arab tiga orang, Pendidikan Matematika dua orang, dan Menejemen Pendidikan Islam satu orang.

 “Praktik Pengalaman Lapangan yang dilaksanakan empat puluh hari mahasiswa UIN RIL ini dilaksanakan, dan kegiatan ini akan berakhir pada 8 November 2021,” tuturnya.

Dilanjutkannya, PPL merupakan kegiatan kurikulum untuk membimbing dan melatih mahasiswa sebagai calon guru dalam upaya membekali mahasiswa dengan pengalaman praktis, sehingga memiliki kemampuan profesional dibidangnya sebagai pengajar.

PPL bertujuan agar terbentuknya pribadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang cakap dan tepat dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran,terlebih dalam masa pandemic covid-19 ini, dimana mahasiswa dituntut kreatif dalam menggunakan perangkat dan media telekomunikasi” lanjutnya.

Ditambahkan oleh Junaidy selaku Kepala Madrasah MIN 5 Bandar Lampung bahwasannya dalam masa pandemi ini, MIN 5 Bandar Lampung menggunakan berbagai perangkat media telekomunikasi sebagai cara untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh.

Dalam melaksanakan pembelajaran secara daring seperti saat ini, kita menggunakan google form, E-learning, Whatssapp Group, dll. Dan dalam satu hari terdapat tiga mata pelajaran, yakni satu pelajaran umum, satu pelajaran agama, dan satu pembiasaan,”, tutupnya. (dION)