MIN 5 BANDAR LAMPUNG

Bandar Lampung (Humas), — Senin tanggal 19 September 2022 MIN 5 Bandar Lampung menggelar kegiatan praktik manasik haji sebagai pembiasaan keagamaan Tahun Pelajaran 2022-2023, Seluruh siswa kelas 6 didampingi guru mengikuti kegiatan latihan manasik haji yang digelar di Asrama Haji Rajabasa Bandar Lampung.

Sejak pagi, para siswa berkumpul di halaman Madrasah, dengan memakai kain ihrom bagi siswa laki – laki dan pakaian gamis putih dan dan kerudung putih bagi siswi perempuan, para siswa berkumpul untuk dibagi dalam beberapa rombongan, Mereka mendapatkan pengarahan dari Bapak Kepala MIN 5 Bandar Lampung yang menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengamalkan teori yang sudah diajarkan agar siswa termotivasi untuk bisa melaksanakannya.

Terlihat para siswa siswi tampak sangat antusias dalam melaksanakan tahapan demi tahapan kegiatan manasik haji yang langsung dibimbing langsung oleh para bapak dan ibu guru, dengan sistem pembelajaran praktik manasik haji diharapkan materi yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh para siswa, Selain pengamalan teori yang sudah di dapat di bangku kelas, juga ikut melaksanakan syiar Islam, menggugah bagi yang sudah mampu berhaji untuk bisa menyempurnakan rukun Islam yang ke-5.

Pengenalan seluruh kegiatan haji merupakan salah satu tujuan dari pelaksanaan manasik haji di MIN 5 Bandar Lampung. Selain itu, beberapa hal yang diharapkan diperoleh siswa dan siswi MIN 5 Bandar Lampung setelah melakukan kegiatan manasik haji.

  1. Siswa mendapatkan pengalaman praktik sejak dini. Pembelajaran tidak hanya dalam bentuk ajaran teori, tetapi dipraktikkan. Manasik haji merupakan praktik dari salah satu materi dalam pelajaran Fikih Islam MIN 5 Bandar Lampung
  2. Siswa mengetahui makna dari setiap rukun haji. Murid diharapkan dapat mempraktikkan dalam kesehariannya seperti sikap disiplin, kesabaran, tanggung jawab, dan peduli. (Badrul)