MIN 5 BANDAR LAMPUNG

Bandar Lampung (Humas) – Minggu, 23 oktober 2022. Keluarga besar MIN 5 Bandar Lampung ikut memperingati Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 oktober 2022 dengan berbagai kegiatan. Hari santri mulai ditetapkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo Pada 15 Oktober 2015, dan menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Sejarah Hari Santri dilatarbelakangi oleh sebuah peristiwa bersejarah yang terjadi jauh sebelumnya. Penetapan Hari Santri Nasional merujuk pada peristiwa saat pahlawan nasional KH. Hasyim Asy’ari membacakan seruan berperang (jihad) kepada masyarakat Indonesia pada tanggal 22 Oktober 1945.

Kegiatan memperingati Hari Santri Nasional di MIN 5 Bandar Lampung diawali dengan Shalat Dhuha bersama dihalaman Madrasah dan dilanjutkan dengan Penampilan dai’yah oleh Faqihah Husna, siswi Kelas 6.  Acara dilanjutkan dengan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional dengan bapak haji Untung P., M.Pd.I sebagai pembina upacara.

Selesai Upacara Peringatan Hari Santri Nasional, anak-anak sarapan pagi bersama-sama dihalaman madrasah untuk mengajarkan kebersamaan dan kesyukuran. Dan kegiatan selanjutnya menyalurkan sumbangan berupa beras dan mie instan dari seluruh siswa MIN 5 Bandar Lampung yang diwakili langsung oleh bapak Junaidy, S.Pd., M.Kes. sebagai Kepala Madrasah serta perwakilan dewan guru dan siswa kepada beberapa pondok pesantren. diantaranya panti asuhan dan pondok pesantren Miftahul Ulum,  pondok pesantren Tahfidz Qiblatain,  Yayasan Sosial LKSA Alhidayah Bandar Lampung.

“Program berbagi dihari santri ini merupakan suatu bentuk pembelajaran untuk melatih kepedulian peserta didik kami dan kita semua terhadap sesama, serta mengajarkan siswa- siswi MIN 5 Bandar Lampung untuk bersedekah, karena Berbagi tidak hanya dapat meringankan hidup orang lain, tetapi juga dapat memberikan stimulus positif dan semangat kebaikan kepada sesame.” ujar Junaidy selaku Kepala MIN 5 Bandar Lampung.(Humas)