MIN 5 BANDAR LAMPUNG

Bandar Lampung (Humas) —– Kelompok Kerja Guru (KKG) MIN 5 Bandar Lampung  laksanakan bimbingan tentang cara menghitung pekan efektif yang dipaparkan langsung oleh ibu Hj. Hikmah, S.Pd.I. sebagai Koordinator Kurikulum MIN 5 Bandar Lampung. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang guru dan diikuti oleh seluruh dewan guru yang sedang tidak mengajar dikelas. (Selasa, 31 januari 2023).

Ibu Hikmah menjelaskan bahwa menghitung minggu efektif merupakan salah satu langkah awal dalam menyusun pembuatan administrasi pembelajaran bagi guru. Dengan langkah awal ini maka penyusunan perangkat pembelajaran yang lainnya akan mudah dibuat atau disusun.

Rincian Minggu efektif meliputi jumlah minggu dalam kegiatan pembelajaran tiap semester sesuai dengan ketentuan kalender pendidikan. Minggu efektif untuk tiap semester selalu berubah-ubah sesuai kalender tahun berjalan.

Dalam kegiatan ini juga dibahas tentang Manfaat Rincian Minggu Efektif yaitu sebagai berikut:

  1. Pedoman guru untuk distribusi alokasi waktu pada penyusunan Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Promes).
  2. Untuk memudahkan guru dalam pembuatan RPP pada satu pecan
  3. Untuk Menentukan  hari-hari yang tidak efektif dalam satu pekan.
  4. Untuk memudahkan guru dalam Menyusun Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
  5. Sebagai acuan dalam menyampaikan materi pembelajaran di kelas.

Bapak Junaidy, S.Pd., M.Kes. sebagai kepala MIN 5 Bandar Lampung mendukung kegiatan ini, karena tujuan utama dari KKG adalah menjadi wadah untuk meningkatkan kompetensi dan skill guru, baik saat berada didalam maupun diluar kelas.

“Walapun mungkin bimbingan  ini cukup singkat, tapi minimal dengan adanya informasi ini dapat membantu guru untuk menyelesaikan salah satu tugasnya yaitu menghitung jumlah minggu efektif, sehingga pada supervisi berikutnya tidak ada lagi guru yang salah mengisi pekan efektif dan pekan tidak efektif”. Ujar bapak kepala Madrasah. (hm5bl)