MIN 5 BANDAR LAMPUNG

Bandar Lampung (Humas), — Rabu, 13 September 2023. MIN 5 Bandar Lampung menggelar kegiatan praktik manasik haji dan umrah untuk Seluruh peserta didik kelas 6 dengan didampingi oleh ibu Plt. Kepala MIN 5 Bandar Lampung serta beberapa guru. Kegiatan latihan manasik haji ini dilaksanakan di Asrama Haji Rajabasa Bandar Lampung.

Sejak pagi, para siswa sudah berkumpul di halaman Madrasah, dengan memakai kain ihrom bagi siswa laki – laki dan pakaian gamis putih dan kerudung putih bagi siswi perempuan. Mereka mendapatkan pengarahan dari Ibu Hj. Fakihah, S.Ag., M.M.Pd. sebagai Plt. kepala MIN 5 Bandar Lampung yang menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengamalkan teori yang sudah diajarkan sebelumnya dalam pelajaran Fikih, serta agar siswa termotivasi untuk bisa melaksanakan rukun islam ke 5 nantinya.

Kegiatan diawali dengan niat Ihram untuk Umrah di miqat di masjid dekat madrasah (Ibarat Masjid Beer Ali), Peserta masuk masjid dengan niat Ihram umrah, Membaca talbiyah, shalawat dan melaksanakan shalat Sunah Ihram 2 rakaat serta berdoa setelah shalat. Kemudian menuju Asrama Haji (ibarat safar ke Mekkah) dengan membaca Talbiah selama dalam perjalanan.

Selanjutnya Prosesi Umrah sebelum Ibadah Haji (Tamattuk), Peserta didik berkumpul di tempat praktek dan membaca doa (Ibarat melihat masjdil Haram dan masuk kedalam dan melihat kabah). melaksanakan Thawaf, Shalat 2 rakaat dibelakang maqam ibrahim dan berdoa. Sa’i dimulai dari Bukit shafa ke Marwa 7 kali berjalanan dengan berbagai amalannya dan tahalul untuk selesai umroh dengan memotong 3 helai rambut dan berdoa.

Selanjutnya niat ihram Haji dan semua peserta didik melaksanakan wukuf dan mabit. Mabit di Muzdalifah dan mabit di Mina, dilanjutkan peserta didik melaksanakan lempar jumrah Aqabah dan kembali ke Mina untuk mabit kembali. Kemudian melaksanakan lempar Jumrah Ula, Wustha dan aqabah serta melakukan Tawaf, Sa’I dan diakhiri dengan tahalul haji hingga ibadah haji selesai.

Terlihat para peserta didik tampak sangat antusias dalam melaksanakan tahapan demi tahapan kegiatan manasik haji yang langsung dibimbing oleh para bapak dan ibu guru, dengan sistem pembelajaran praktik manasik haji diharapkan materi yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh para siswa, Selain pengamalan teori yang sudah didapat dibangku kelas, juga ikut melaksanakan syiar Islam, serta menggugah hati bagi yang sudah mampu berhaji untuk bisa menyempurnakan rukun Islam yang ke-5. (hm5bl)